Laman

Jumat, 29 Juli 2016

Modal Sosial dalam Pengembangan Pendidikan (Perspektif Teori dan Praktik)

Modal Sosial dalam Pengembangan Pendidikan (Perspektif Teori dan Praktik)
Judul : Modal Sosial dalam Pengembangan Pendidikan (Perspektif Teori dan Praktik)
Penulis: Siti Irene Astuti Dwiningrum
ISBN: 978-602-7981-37-9
Penerbit : UNY PRESS
Harga: Rp.76.000,-Discount Menjadi Rp. 54.000,-
Jika Ada Yang Berminat Silahkan Bisa Hubungi ke Cp : 081804281351 / 085713733627, / 08122779457, Pin BB : D013BC54 / WA:088802811233 / 088816780325
SINOPSIS:
Problem pendidikan di Indonesia masih sangat komplek dan bersifat multidimensional. Kompleksitas persoalan terkait dengan masalah-masalah pendidikan masih terjadi dalam semua level pendidikan yang bersifat kuantitas dan kualitas. Problem mutu masih menjadi masalah pokok di Indonesia, demikian juga masalah pemerataan pendidikan belum teratasi secara maksimal. Upaya untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia sudah beragam progam.
Namun demikian, education for all belum terealisasi, artinya amanah UUD 1945 belum terwujud pada masyarakat Indonesia dengan optimal. Problem pendidikan terkait dengan berbagi aspek dalam kehidupan manusia. Kebijakan pendidikan yang dirancang tak lepas dari politik dan ekonomi serta sosial-budaya masyarakat. Pembangunan pendidikan membutuhkan paradigma. Pendekatan sosial-budaya menjadi alternatif bagi pengembangan pendidikan di Indonesia. Modal sosial merupakan salah satu energi sosial yang harus digali kembali dalam kehidupan bangsa Indonesia. Modal sosial dapat menjadi kekuatan baru untuk mengembalikan fondasi masyarakat Indonesia yang semakin melemah dalam menghadapi tantangan dan kepentingan global. Modal sosial yang dibangun secara sinergis oleh semua komponen dan unsur masyarakat akan memberikan dinamika sosial menuju kualitas kehidupan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengatasi berbagai persoalan pembangunan pendidikan di Indonesia. Modal sosial dalam pengembangan pendidikan di Indonesia masih harus dikaji dalam berbagi riset yang menghasilkan pengembangan konsep modal sosial yang secara aplikatif bersifat kontekstual. Bagi Indonesia kekuatan modal sosial yang semakin melemah dalam sendi kehidupan berbangsa dan bernegara harus dibangun kembali, dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat strategi untuk membangun modal sosial yang dibutuhkan bagi perbaikan kualitas pendidikan di semua level pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar