Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Rabu, 11 Desember 2013

Budaya dan Masyarakat

Budaya dan Masyarakat
Judul: Budaya dan Masyarakat
Penulis: Kuntowijoyo
Penerbit: Tiara Wacana
Tahun: 2006
Halaman: 218
Harga: Rp. 31.000
Sinopsis:
Orang bisa memberi tafsir yang bermacam-macam tentang perubahan masyarakat dan kebudayaan, karena kedua-duanya memang kaya dengan nuansa. Buku ini merupakan hasil pengembaraan intelektual KUNTOWIJOYO selama sekitar enam tahun. Dalam kapasitasnya sebagai sejarawan dan budayawan yang sangat intens dalam mengamati masyarakat, ditambah dengan penguasaan yang luas terhadap teori-teori sosial besar, tidak pelak lagi karyanya ini merupakan bahan kajian yang amat kaya dalam memahami perkembangan masyarakat dan perubahan kebudayaan.
Secara lebih terinci di sini di bahas bagaimana pengalaman masyarakat kita dalam masa transisi menuju masyarakat industri dengan mengganti berbagai atribut dan masyarakat tradisional agraris menuju suatu masyarakat yang bertatanan baru sama sekali. Di sini dipaparkan berbagai faktor pendukung dan kendala, dan dalam batas-batas tertentu, dibicarakan pula perbandingan sejarah perkembangan masyarakat yang kini tergolong maju.
Seperti DANIEL BELL telah menyaksikan adanya kontradiksi budaya dalam masyarakat kapitalis, penulis buku ini juga berbicara banyak tentang perbenturan nilai yang dialami masyarakat kita. Perubahan institusional dan pergeseran nilai budaya, dibahas secara kritis-analitis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar