Saturday, March 29, 2014

Bambu Runcing & Mesiu, Masalah Kebijakan Pembinaan Pertahanan

Bambu Runcing & Mesiu, Masalah Kebijakan Pembinaan Pertahanan
Judul: Bambu Runcing & Mesiu, Masalah Kebijakan Pembinaan Pertahanan Indonesia
Penulis: Yahya A. Muhaimin
Penerbit: Tiara Wacana
Tahun: 2008
Halaman: 188
Harga: Rp. 38.500
Sinopsis:
Di masa sekarang, di tengah restrukturisasi sistem politik yang sedang mencari bentuk sejak tahun 1998, baik di kalangan militer maupun di kalangan sipil sama-sama mulai muncul kesadaran saling membutuhkan, saling mempercayai, dan juga saling memerlukan kesamaan persepsi dan kesiapan mental baru agar kedua pihak dapat sepenuhnya memecahkan pembagian otoritas setepat mungkin di bidang pertahanan, dan juga untuk memperkuat keamanan nasional Indonesia. Sekalipun demikian, harus pula diakui bahwa perhatian kalangan sipil terkadang masih bersifat sangat periferal dan cenderung bersifat reaktif.
Di tengah minimnya perhatian yang sungguh-sungguh seperti itu, kehadiran buku ini dimaksudkan untuk memberikan kontribusi pemikiran dengan mengangkat secara makro beberapa masalah penting yang perlu diatasi dalam membuat kebijakan pembinaan pertahanan Indonesia (defense policy).

Friday, March 28, 2014

Handbook Pendidikan Moral dan Karakter

Judul Buku : Handbook Pendidikan Moral dan Karakter
penerbit : Nusa Media
Hal : 908
Tahun terbit : 2014
Harga : 180rb

Wednesday, March 26, 2014

Handbook Experiential Learning

Judul Buku : Handbook Experiental Learning 

Penerbit: Nusa Media 
Author : Mel Siberman 
Tahun : maret 2014
Harga :105.000,-

Pengantar Pembelajaran Inovatif

Pengantar Pembelajaran Inovatif
Judul: Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
Penulis: Prof. Drs. Sutrisno, M. Sc., Ph. D.
Penerbit: Gaung Persada Press
Tahun: 2011
Halaman: 276 Hal
Harga: Rp. 55.000
Sinopsis:
Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membawa dampak luar biasa terhadap perubahan peradigma dan inovasi dalam proses pembelajaran. Buku ini ada dalam rangka menjawab tantangan itu. Bagian pertama, menyuguhkan tentang konsep teoritik dan paradigma pembelajaran terintegrasi dengan TIK terkait dengan aspek pedagogi, teori pembelajaran dalam perspektif global. Bagaian kedua, mengupas penerapan TIK dalam desain pembelajaran yang tertuang dalam model integrasi sistematis, integrasi model microsoft learning partner (MLP) dan model materi pelajaran, pedagogi dan TIK yang terintegrasi

ICT dan Pembelajaran

ICT dan Pembelajaran
Judul: ICT dan Pembelajaran
Penulis: Tim Referensi
Penerbit: Referensi
Tahun: 2012
Halaman: 166 Hal
Harga: Rp. 35.000
Sinopsis:
Teknologi informasi dan komunikasi dalam rentang yang begitu singkat telah menjadi fondasi bangunan yang mendasar bagi masyarakat modern. Sebagian besar negara sekarang ini menganggap pemahaman terhadap ICT dan penguasaan terhadap keahlian-keahlian dasar dan konsep-konsep ICT sebagian bagian dari jantung pendidikan, bersanding dengan mambaca, menulis dan juga berhitung

Produk Standar Ekonomi Syariah

Produk Standar Ekonomi Syariah
Judul: Produk Standar Ekonomi Syariah dalam Kilas Sejarah
Penulis: Nashihul Ibad Elhas, S. H. I., M. S. I.
Penerbit: Pustaka Ilmu
Tahun: 2013
Halaman: 143 Hal
Harga: Rp. 43.500
Sinopsis:
Kajian ekonomi syariah kini menarik perhatian berbagai kalangan, mulai mahasiswa, dosen, peneliti, ekonom, politis, hingga masyarakat umum. Buku ini berusaha mengupas konsep bisnis syariah dalam kitab fathul-qorib, terutama akad-akad mualamat yang kini juga menjadi produk standar perbankan syariah di Indonesia, yakin Salam, Istisna, Murabahah, Musayarakah, Mudarabah, dll.

Revitalisasi Politik Identitas di Indonesia

Revitalisasi Politik Identitas di Indonesia
Judul : Revitalisasi Politik Identitas Di Indonesia
Penulis : Muhtar Haboddin, dkk
Cetakan : Pertama, April 2013
Penerbit : Kaukaba
Tebal : 236 hlm
Ukuran : 14cm x 21cm
Harga : Rp. 40.000
Sinopsis:
Kehadiran buku ini merupakan tonggak baru dalam memahami betapa urgensinya persoalan komunitas, seni, dan simbol-simbol primordialisme dari sudut pandang politik dan pemerintahan. Politik identitas lantas mengemuka untuk mempolitisasi perbedaan: saya-engkau dan kita-mereka. Politik identitas memberi garis tegas untuk menentukan siapa yang diajak dan siapa yang ditolak. Dan, politik Indonesia saat ini sebenarnya berjalan di lorong gelap politik identitas. Tahun 2013 menjadi ajang konsolidasi politik identitas menuju kontestasi hajatan politik tahun depan.

Fiqh Keluarga Lintas Agama

Fiqh Keluarga Lintas Agama
Judul: Fiqh Keluarga Lintas Agama (Panduan Multidimensi Mereguk Kebahagiaan Sejati)
Penulis: Mohammad Monib & Ahmad Nurcholish
Penerbit: Kaukaba
Cetakan: Pertama, Agustus 2013
Tebal: xxii + 254 hlm
ISBN: 978-602-1508-10-7
Harga: Rp. 45.000
Sinopsis:
Berbeda dengan buku lain tentang nikah beda agama, buku ini merupakan karya kemanusiaan yang luar biasa. Inilah buku yang secara mendalam mengulas argumentasi: teologi, hukum, panduan spiritual mengelola mahligai rumah tangga nikah beda agama. Isinya benar-benar panduan dalam banyak aspek dan dimensi.
Kekuatan lain dari buku ini terletak pada isinya yang merentang luas di atas cakrawala dan menggali lebih jauh berbagai ceruk yang selama ini tak terpikirkan dalam pernikahan beda agama. Mulai dari persoalan teologis, persiapan teknis pra nikah, paparan filosofis tentang bagaimana seharusnya memaknai agama dan pernikahan itu sendiri. Setelah itu, ada penjelasan bagaimana mewujudkan keluarga bahagia dalam perkawinan, lalu bagaimana memahami berbagai kebijakan pemerintah dan negara yang begitu diskriminatif terhadap mereka yang memilih nikah beda agama. Kemudian masuk kepada penjelasan berbagai persoalan teknis dalam nikah beda agama dan menjelaskan detil rincian pelaksanaannya, seperti rukun dan syarat, urusan wali, saksi dan mahar, bahkan detil tata cara ijab-kabul. Tak ketinggalan pesan dan tips bagaimana menghadapi orang tua yang tidak setuju dengan nikah beda agama. Bukan hanya itu, isi buku ini juga merambah kepada penjelasan bagaimana tugas dan tanggung jawab suami yang sangat diwarnai oleh ide kesetaraan dan keadilan gender. Bahkan, masih ditambah dengan uraian prinsip spiritual dan berbagai problem pasca pernikahan, termasuk problem spesifik yang biasa dialami pasangan nikah beda agama, seperti persoalan split of personality anak dan munculnya kerinduan akan kesamaan aqidah.
Tidak keliru jika disimpulkan bahwa ulasan buku ini sangat sempurna, menyentuh semua hal: baik yang selama ini sudah terpikirkan oleh mereka yang ingin nikah beda agama, maupun hal-hal yang tak terpikirkan sebelumnya

Akhlak Tasawuf (Lelaku Suci Menuju Revolusi Hati)

Judul: Akhlak Tasawuf (Lelaku Suci Menuju Revolusi Hati)
Penulis: Dr. H. Abdul Mustaqim, MA
Penerbit: Kaukaba
Cetakan: Pertama, Oktober 2013
Tebal: xii + 148 hlm
ISBN: 978-602-1508-24-4
Harga: Rp. 35.000
Sinopsis:
Buku ini berbicara tentang pentingnya akhlak-tasawuf yang meliputi: taubat, muhasabah, ikhlas, ridla, zuhud, cintai Allah dan Rasulullah, dan lain-lain; macam-macam hati manusia; mewaspadai kehidupan duniawai; sketsa kematian; dan siksa dan nikmat kubur. Asumsi dari semua itu adalah agar manusia benar-benar mampu mencintai Allah dan Rasulullah yang notabene sebagai sumber ajaran moral dan selamat hidup di dunia dan akhirat.
Inti ajaran tasawuf adalah bagaimana seseorang mampu merasakan kehadiran Tuhan (ma’riatullah), yang tidak saja bersifat teosentris (‘melangit’), tetapi juga antroposentris (membumi). Hal itu bisa terwujud apabila seseorang mau melakukan semacam ‘revolusi spiritual’, lalu mengaplikasikannya dalam kehidupan praksis-sosial dalam bentuk kesalehan ritual dan kesalehan sosial.
Buku ini tentu dapat memberi kontribusi bagi perbaikan moral bangsa Indonesia yang semakin tak karuan, di mana dekadensi moral (inkhilalul khuluq) belakangan tidak saja dilakukan oleh wong alit, tetapi juga oleh wong ‘elit’ dan sudah begitu sistemik di masyarakat kita, hingga nyaris tak mampu lagi untuk diperbaiki.
Pada ranah yang lebih spesifik, buku ini merekonstruksi kajian tasawuf di UIN, IAIN atau STAIN yang selama ini cenderung lebih pada kajian tasawuf falsafi dengan berbagai konsep yang sangat ndakik-ndakik, sehingga nyaris kurang membuahkan hasil dan kurang membekas dalam perilaku keseharian mahasiswa. Nah, gagasan-gagasan dalam buku ini akan dapat dicerna oleh kalangan pelajar, mahasiswa, dan orang awam sekalipun dan dapat dipraktikkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah, buku ini menjadi referensi wajib bagi mahasiswa UIN, IAIN atau STAIN.

Hukum pelayanan Publik

Penulis : Dr. H. Husni Thamrin., M. M., M. H.
Cetakan : Kedua, 2013
Penerbit : Aswaja Pressindo
Tebal : vi + 154 hlm
Ukuran : 15,5 cm x 23 cm
Harga : Rp. 48.000
Sinopsis:
Buku ini mengulas fenomena pelayanan publik yang menjadi kewajiban pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat. Melalui UU No. 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, yang harus dijadikan pedoman oleh aparat penyelengara pelayanan publik agar bisa dilaksanakan penegak hukum dengan baik, akan tetapi keluhan masyarakat perihal buruknya pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintah.

Studi Agama_ Suatu Pengantar

Studi Agama_ Suatu Pengantar
Judul: Studi Agama: Suatu Pengantar
Penulis: Syarif Hidayatullah
Penerbit: Tiara Wacana
Tahun: 201
Halaman: 316
Harga: Rp. 35.000
Sinopsis:
Buku ini merupakan kajian deskriptif tentang studi agama sebagai suatu disiplin ilmu. Karakter materinya sengaja disusun sesederhana mungkin agar buku ini dapat melakukan fungsinya dengan baik, yakni mengantarkan pembaca memasuki ranah keilmuan yang terkait dengan fenomena agama. Apa yang disajikan bisa dinikmati oleh mahasiswa, dosen, peneliti, dan masyarakat peminat kajian studi agama pada umumnya.

Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep
Judul: Pendidikan Tanpa Kekerasan
Penulis: Abdurrahman Assegaf
Penerbit: Tiara Wacana
Tahun: 2004
Halaman: xiv + 276
Harga: Rp. 36.000
Sinopsis:
Selama ini, proses pendidikan di tanah air memang terlalu menekankan aspek kognitif, dan kurang memberi perhatian pada aspek afektif. Atas dasar ini, penulis buku ini menekankjan peran penting dari aspek afektif dalam pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan mengintrodusir ?budaya damai? (culture of peace) dalam pendidikan. Dan ini bisa dilakukan dengan menerapkan konsep pendidikan tanpa kekerasan (non-violence education) atau pendidikan damai (peace education).
Materi buku ini merupakan pengembangan dari hasil penelitian mengenai kasus-kasus kekerasan dalam pendidikan di Indonesia. Dari kasus-kasus yang ada, penulis kemudian menyusun tipologi kasus dan kondisi kekerasan dalam dunia pendidikan; menerangkan konsepsi ?pendidikan tanpa kekerasan?/?pendidikan damai?, dan menyajikan beberapa contoh model pembelajaran atas konsepsi tersebut. Di samping itu, penulis juga melengkapi penjelasan tentang pendidikan damai tersebut dari perspektif pendidikan Islam.
Uraian materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa lugas, dan disertai ilustrasi skema, tabel, grafik, ringkasan, juga anekdot. Dengan cara ini, diharapkan materi bahasan menjadi lebih akrab dengan pembaca

Tuesday, March 25, 2014

ASUHAN KEPERAWATAN POST OPERASI

ASUHAN KEPERAWATAN POST OPERASI
Penulis : Sugeng Jitowijoya
Tahun : 2009
Tebal : xii + 204 hlm
Harga : Rp.43.000,-
Penerbit : Nuha Medika
STOCK BUKU TERBATAS

Panduan Praktik Klinik Keperawatan Dasar

Judul     : Panduan Praktik Klinik Keperawatan Dasar
ISBN     : 978-979-1446-26-6
Penulis  : Bidan Dwi Maryanti, SSiT & Bidan Farih Susanti, SST
Tebal     : xii + 140 halaman
Ukuran  : 14 x 21 cm
Harga      : Rp 34.000

Sunday, March 23, 2014

KONSEP DISTRIBUSI DALAM EKONOMI ISLAM DAN FORMAT KEADILAN EKONOMI DI INDONESIA

KONSEP DISTRIBUSI DALAM EKONOMI ISLAM DAN FORMAT KEADILAN EKONOMI DI INDONESIA
Penulis :RUSLAN ABDUL
Jumlah Halaman : XXII + 326 HAL
Penerbit : PUSTAKA PELAJAR
Kategori : EKONOMI & BISNIS
Harga : 55.000,-

NATION IN TRAP /SC

Judul NATION IN TRAP /SC
Penulis : EFFENDI SIRADJUDDIN
Jumlah Halaman : 442
Penerbit : PUSTAKA PELAJAR
Kategori : SOSIAL & POLITIK
Harga : 60.000,-

PENGANTAR PSIKOLOGI KEBIDANAN

PENGANTAR PSIKOLOGI KEBIDANAN
Penulis MARMI, MARGIYATI
Jumlah Halaman : XII + 464
Penerbit : PUSTAKA PELAJAR
Kategori : KESEHATAN,PSIKOLOGI & PENGEMBANGAN DIRI
Harga : 84.000,-


EKSPLORASI DALAM TEORI SOSIAL

EKSPLORASI DALAM TEORI SOSIAL
Penulis GEORGE RITZER
Jumlah Halaman : XIV + 507
Penerbit : PUSTAKA PELAJAR
Kategori : SOSIAL & POLITIK
Harga : 90.000,-

Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif

Judul : Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif
Penulis : David Chaney
Cetakan : 2004
Tebal : 276 halaman
Ukuran : 15 x 21 cm
ISBN : 979-3684-10-0
Harga : Rp 59..000,-
Deskripsi:
Mengapa gaya hidup menjadi semakin penting saat ini?
Apakah gaya hidup itu berarti ekspresi pribadi ataukah bentuk eksploitasi baru?
Dalam dunia modern gaya hidup kita membantu mendefinikasikan sikap, nilai-nilai, dan menunjukkan kekayaan serta posisi sosial kita. Pengantar yang ditulis dengan jernih mengenai konsep gaya hidup ini menawarkan panduan singkat tapi padat tentang bagaimana istilah tersebut digunakan dalam penjelasan sosiologis untuk menunjuk bentuk masyarakt modern. Gaya Hidup (lifestyles) mengungkapkan bagaimana kita harus mengklasifikasikannya, bagaimana istilah tersebut menjadi semakin penting, dan apa persisnya gaya hidup tersebut.

Mukjizat Musik: Terapi Jitu Kecerdasan Anak Melalui Musik

Judul :  Mukjizat Musik: Terapi Jitu Kecerdasan Anak Melalui Musik
Penulis :  Teguh Wangsa HW
Cetakan :  Pertama, Juli 2013
Penerbit :  Lintang Aksara, Yogyakarta
Tebal :  vi + 134 hlm
Ukuran :  14x21
Harga :  Rp. 30.000
ISBN :  978-602-1908-05-3"  
"Siegel, seorang ahli perkembangan otak, meneguhkan bahwa musik dapat berperan dalam proses pematangan hemisfer kanan otak, walaupun dapat berpengaruh ke hemisfer sebelah kiri, oleh karena adanya cross-over dari kanan ke kiri dan sebaliknya yang sangat kompleks dari jaras-jaras neuronal di otak. Artinya, hemisfer ini memainkan peran besar dalam proses perkembangan emosi yang sangat penting bagi perkembangan sifat-sifat manusia yang adiluhur. Kehalusan dan kepekaan seseorang untuk dapat ikut merasakan perasaan orang lain, menghayati pengalaman kehidupan dengan perasaan adalah fungsi otak kanan, sedangkan kemampuan mengerti perasaan orang lain, mengerti pengalaman dengan rasio adalah fungsi otak kiri. Kemampuan seseorang untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan manusiawi dengan orang lain merupakan percampuran (blending antara otak kanan dan kiri).
Maka, dari aransemen logis itulah buku ini terbit. Buku ini mengurai dengan lugas dan bernas peran penting musik bagi kecerdasan, baik intelektual, emosional, maupaun sosial. Dilandasi pada fakta-fakta empiris dan jelajah referensi yang memadai, buku ini layak disandingkan dengan buku-buku berkelas sejenisnya. Dan, yang pasti, disertakan pula data-data aktual ihwal tempat-tempat terapi kecerdasan musik."