Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Rabu, 26 Maret 2014

Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep
Judul: Pendidikan Tanpa Kekerasan
Penulis: Abdurrahman Assegaf
Penerbit: Tiara Wacana
Tahun: 2004
Halaman: xiv + 276
Harga: Rp. 36.000
Sinopsis:
Selama ini, proses pendidikan di tanah air memang terlalu menekankan aspek kognitif, dan kurang memberi perhatian pada aspek afektif. Atas dasar ini, penulis buku ini menekankjan peran penting dari aspek afektif dalam pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan mengintrodusir ?budaya damai? (culture of peace) dalam pendidikan. Dan ini bisa dilakukan dengan menerapkan konsep pendidikan tanpa kekerasan (non-violence education) atau pendidikan damai (peace education).
Materi buku ini merupakan pengembangan dari hasil penelitian mengenai kasus-kasus kekerasan dalam pendidikan di Indonesia. Dari kasus-kasus yang ada, penulis kemudian menyusun tipologi kasus dan kondisi kekerasan dalam dunia pendidikan; menerangkan konsepsi ?pendidikan tanpa kekerasan?/?pendidikan damai?, dan menyajikan beberapa contoh model pembelajaran atas konsepsi tersebut. Di samping itu, penulis juga melengkapi penjelasan tentang pendidikan damai tersebut dari perspektif pendidikan Islam.
Uraian materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa lugas, dan disertai ilustrasi skema, tabel, grafik, ringkasan, juga anekdot. Dengan cara ini, diharapkan materi bahasan menjadi lebih akrab dengan pembaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar