Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Rabu, 26 Maret 2014

Studi Agama_ Suatu Pengantar

Studi Agama_ Suatu Pengantar
Judul: Studi Agama: Suatu Pengantar
Penulis: Syarif Hidayatullah
Penerbit: Tiara Wacana
Tahun: 201
Halaman: 316
Harga: Rp. 35.000
Sinopsis:
Buku ini merupakan kajian deskriptif tentang studi agama sebagai suatu disiplin ilmu. Karakter materinya sengaja disusun sesederhana mungkin agar buku ini dapat melakukan fungsinya dengan baik, yakni mengantarkan pembaca memasuki ranah keilmuan yang terkait dengan fenomena agama. Apa yang disajikan bisa dinikmati oleh mahasiswa, dosen, peneliti, dan masyarakat peminat kajian studi agama pada umumnya.

“Studi agama sebagai sebuah disiplin akan terus melakukan ‘proses menjadi’. Sejak kemunculannya sebagai disiplin ilmu tersendiri pada awal 1960-an, studi agama terus berkembang hingga sekarang. Ia telah mengalami transformasi akademik yang luas, yakni melalui pertumbuhan pengenalan bahwa tradisi agama itu sendiri sesungguhnya bukanlah fenomena yang statis dan monolitik. Bahkan, ia secara konstan selalu mengalami perubahan dan pembentukan identitas dalam melakukan kontak dan hubungan di antara mereka.”
“Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dalam mempelajari studi agama.
Pertama
, mengenal beberapa aspek eksistensi manusia. Manfaat ini akan mempertegas sikap bahwa mustahil mengabaikan pemahaman tentang agama, sebab agama merupakan salah satu komponen eksistensi yang paling kuno, universal, dan abadi. Manfaat
kedua
tertuju khususnya kepada para pemeluknya. Mempelajari agama-agama akan memberi kondisi yang lebih baik di antara pemeluk agama untuk saling berkomunikasi. Manfaat
ketiga
 tertuju pada pribadi, yakni bahwa pemahaman tentang agama, bagaimanapun juga, senantiasa akan berkaitan dengan beberapa hal yang selalu hadir dalam sanubari pemeluk agama.”
— Richard E. Creel
Professor philosophy and religion pada Ithaca College, Ithaca, New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar