Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Kamis, 27 Agustus 2015

ISLAM SEBAGAI ILMU

Islam sebagai Ilmu
Judul : Islam sebagai Ilmu
tebal : xii + 136 hlm; 14,5 x 21 cm
harga Rp 35.000,-
Penulis : Kuntowijoyo
penerbit Tiara Wacana
Yang Berminat Pemesanan bisa sms ke
Cp : 081804281351 / 085713733627, / 08122779457, Pin BB 52899683
.... saya tidak lagi memakai ?Islamisasi pengetahuan?, dan ingin mendorong supaya gerakan intelektual umat sekarang ini me?langkah lebih jauh, dan mengganti "islamisasi pengetahuan" menjadi "pengilmuan Islam". Dari reaktif menjadi proaktif .... ?Pengilmuan Islam? adalah proses, ?Paradigma Islam? adalah hasil, sedangkan ?Islam sebagai ilmu? adalah proses dan hasil sekaligus ....
? (Kuntowijoyo)
Berangkat dari keprihatinannya atas gagasan ?Islamisasi pengetahuan? yang cenderung bersifat reaktif, Kuntowijoyo dalam buku ini menawarkan suatu penyikapan baru perihal hubungan antara agama (Islam) dan ilmu.. Menurutnya, dalam hal ilmu, gerakan intelektual Islam harus melangkah lebih jauh, yakni bergerak dari teks menuju konteks.
Ikhtiar keilmuan ini memiliki tiga sendi, yakni (i) ?pengilmuan Islam? sebagai proses keilmuan yang bergerak dari teks Al-Qur'an menuju konteks sosial dan ekologis manusia; (ii) ?Paradigma Islam? adalah hasil keilmuan (yakni paradigma baru tentang ilmu-ilmu integralistik, sebagai hasil penyatuan agama dan wahyu); dan (iii) ?Islam sebagai ilmu?yang merupakan proses sekaligus sebagai hasil. Atas gagasan yang dilontarkannya ini, Kuntowijoyo pun mengajak intelektual Islam untuk mengganti ?Islamisasi pengetahuan? menjadi ?pengilmuan Islam?.
Dengan ulasan yang sangat bernas, buku ini amat sesuai untuk digunakan sebagai referensi utama dalam melihat hubungan Islam dan ilmu pengetahuan, baik menyangkut aspek-aspek epistemologi (dasar-dasar pengetahuan), metodologi (cara-cara menerjemahkan agama yang normatif ke dalam ilmu teoretis), maupun etika (hubungan antara Islam sebagai ilmu dan realitas sosial).
Daftar Isi
I.Pengantar: Pengilmuan Islam Menuju Paradigma Islam
1.Demistifikasi Islam
2.Paradigma Al-Quran untuk Perumusan Teori
3.Humaniora dalam Al-Quran
II.Epistemologi Paradigma Islam
1.Strukturalisme Transendental
III.Metodologi Pengilmuan Islam
1.Integralisasi (1)
2.Integralisasi (2)
3.Objektifikasi (1)
4.Objektifikasi (2)
IV. Etika Paradigma Islam
1.Perlunya Ilmu Sosial Profetik
2.Ilmu Sosial Profetik: Etika Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial
V.Penutup: Paradigma Islam sebagai Kritik Peradaban Modern
1.Paradigma Islam dan Peradaban Modern
Sumber Tulisan
Indeks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar