Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Senin, 23 Mei 2016

PENGANTAR KLASIFIKASI PERSEPULUHAN DEWEY(LIBRI)

PENGANTAR KLASIFIKASI PERSEPULUHAN DEWEY(LIBRI)
Judul : PENGANTAR KLASIFIKASI PERSEPULUHAN DEWEY(LIBRI)
by :TOWA P. HAMAKONDA,MLS DRS. JNB
Paperback: 272 pages
Publisher: Libri
Edition: 4
Language: Indonesia
ISBN-10: 978-979-415-885-2
ISBN-13: -
Product Dimensions: 15x21x1 cm
Shipping Weight: 270 gr
Harga: Rp. 72.000,-
Cp : 081804281351 / 085713733627, / 08122779457, Pin BB : 52899683 / WA:088802811233
Editorial Review
Buku dibagi dalam 5 bagian. Bagian I bagian pendahuluan merupakan pengantar untuk memahami konsep-konsep utama dalam klasifikasi dan prinsip-prinsip utamanya, seperti sistem persepuluhan dan sebagainya. Sistem klasifikasi persepuluhan Dewey membagi ilmu pengetahuan ke dalam 10 kelas utama, dan masing-masing kelas dibagi lagi ke dalam 10 divisi, dan masingmasing divisi dibagi ke dalam 10 seksi. Setiap seksi dapat dibagi lagi menjadi sub-seksi, dan setiap seksi masih dapat dibagi menjadi sub-subseksi. Prinsip utamanya juga dikupas: penggolongan didasarkan pada lapangan spesialisasi ilmu pengetahuan tertentu, dan bukan pada subjek. Suatu subjek dapat dibahas dalam beberapa disiplin ilmu berbeda.

Misalnya, perkawinanĂ‚. Dari segi ilmu hukum, perkawinan dapat dibahas dalam hokum perkawinan Islam dan yang lain. Begitu juga dari aspek etis, adat-istiadat, dan aspek lainnya. Jadi, pembagian berdasarkan subjek bersifat sekunder, sementara menurut disiplin adalah primer. Bagian ini juga sedikit menjelaskan beberapa hal yang khas, termasuk subjek-subjek yang khas Indonesia dan sistem notasi wilayah Indonesia. Secara khusus, walaupun singkat, dikupas mengenai subjek yang terkait dengan Agama Islam. Bagian II secara khusus membahas tentang bagaimana memakai buku ini atau membaca buku DDC pada umumnya. Di sini dikupas langkahlangkahnya secara konkret. Terutama, pengguna berfokus pada subjek apa yang dikupas dalam suatu buku, sudut pandang yang dianut oleh penulis, dan bentuk penyajiannya. Pengenalan terhadap ketiga hal tersebut dapat dilakukan dengan mengamati: judul buku, daftar isi, daftar pustaka (bibliografi), kata pengantar/pendahuluan, atau sebagian dari teks isi buku tersebut.
Beberapa kesulitan yang dihadapi dalam menentukan subjek atau aspek buku juga dibahas, misalnya jika ada 2 subjek yang dibahas, atau jika buku dapat dikaji dari 2 bidang/disiplin ilmu. Penulis juga menguraikan penggunaan indeks, tajuk, catatan, dan petunjuk dalam sistem klasifikasi persepuluhan Dewey (DDC). Bagian III mendaftarkan tabel-tabel pokok dan ringkasan dari sistem klasifikasi persepulunan Dewey. Bagian ini semacam panduan singkat dalam klasifikasi Dewey (yaitu hirarki klasifikasi 10 kelas utama yang dibagi lagi ke dalam divisi-divisi standarnya).Bagian IV dari buku ini langsung mencantumkan tabel dan klasifikasi lengkap (termasuk seksi dan subseksinya). Boleh dikatakan, inilah bagian yang langsung menjadi referensi utama bagi pengguna buku ini. Setelah memahami Bagian I dan II (dan dipermudah oleh gambaran dalam Bagian III), pengguna buku langsung dapat mempraktikkan pemahaman atau pengetahuannya dalam Bagian IV ini, yaitu mencari subjek yang tepat untuk buku atau naskah yang sedang mereka baca, golongkan, atau bahkan sedang mereka tulis. Bagian V berisi indeks relatif yang memudahkan pengguna untuk mencari suatu subjek dan turunannya yang relevan. Jadi, pengguna dapat melihat sendiri bagaimana suatu subjek dapat berada di berbagai disiplin ilmu (atau berada di kelas, divisi, dan seksi yang berbeda). Para pengguna diharapkan dapat membandingkan semuanya dan dapat menemukan sendiri subjek yang tepat untuk buku/naskah yang sedang dibaca, digolongkan, atau ditulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar