Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Sabtu, 30 Agustus 2014

PENELITIAN KUALITATIF ILMU EKONOMI Dari Metodologi ke Metode

PENELITIAN KUALITATIF ILMU EKONOMI Dari Metodologi ke Metode
Penerbit : Rajawali Pers
Tahun :  2013
ISBN: :  978-979-769-602-3
Penulis : Prof. Dr. Ir. Sonny Leksono, S.E., M.S.
Cover: : soft cover
Berat :  0.60 kg
Harga : Rp 141.000,-
Deskripsi Ringkas :
Bacaan buku penelitin kualitatif ekonomi sangat diperlukan untuk kepentingan perkuliahan maupun penelitian di kalangan mahasiswa ekonomi semua program studi (ekonomi pembangunan, akuntansi, dan manajemen), baik derajat strata satu (S-1), magister (S-2) maupun yang sedang menempuh program doktor (S-3). Buku Metodologi/Metode Penelitian Kualitatif cukup banyak, demikian pula untuk Ilmu Sosial, ada pula buku Metode Penelitian ekonomi/Bisnis akan tetapi masih dalam paradigma "positivistic" ; sedangkan buku tentang penelitian kualitatif ilmu "Ekonomi" yang berparadigma non positivistic ini belum ada sekali di Indonesia, sementara pendekatan ini semakin banyak dicari dan diminati oleh kalangan akademisi ekonomi.
Perkembangan ilmu Ekonomi non konvensional di era kontemporer disadari semakin terasa penting untuk didalami dan dipelajari yang memerlukan dukungan penguasaan penelitian dengan paradigma non positivistic , karena persoalan ekonomi adalah persoalan tentang perilaku manusia sebagai pelaku ekonomi, bukan tentang perilaku barang dan uang.
Sebenarnya tidaklah tepat jikalau semua fenomena ekonomi diperlakukan secara sama, yaitu selalu didekati dengan metodologi/metode penelitian kuantitatif (paradigma positivistif ) seperti yang selama ini banyak diajarkan dan dipraktikkan secara gegabah.
Secara thematic keunggulan buku ini masih satu-satunya yang spesifik dan focus pada domain kehidupan ekonomi, sequential buku ini diawali degan penjelasan dan pendalaman tentang metodologi penelitian kualitatif dengan contoh fenomena ekonomi, diteruskan dengan beberapa metode pendekatan yang disertai penyesuaian operasionalnya untuk perilaku ekonomi. Buku ini juga menghadirkan pemahaman tentang bagaimana melalui sebuah penelitian, sesuatu teori ekonomi yang substantif akan dapat ditemu-kenali dan disusun.
Nilai penting buku ini memberikan pencerahan bagi pembaca akan dapat menguasai dan menggunakan beberapa pilihan pendekatan Metode Penelitian Kualitatif Ekonomi yang akan menyesuaikan secara tepat, baik dan benar dengan watak, sifat peristiwa ekonomi; bukan sebaliknya yang selama ini selalu terjadi bahwa penyelesaian permasalahan ekonomi harus menyesuaikan dengan metode.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar