Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Rabu, 04 Februari 2015

Tuhan pun “Berpuasa”

Tuhan pun “Berpuasa”
Judul buku: Tuhan pun “Berpuasa”
Penulis: Emha Ainun Nadjib
Penerbit: Kompas, Juni 2012
Tebal buku: 236 Halaman
ISBN: 978-979-709-656-4
Harga: Rp 40.000,-
“Allah sendiri memberi contoh-contoh dahsyat dan luar biasa soal mengendalikan diri. Dengan amat setia Allah menerbitkan matahari tanpa peduli apakah kita pernah mensyukuri tebitnya matahari atau tidak,”(Emha Ainun Nadjib: hal 49).
Demikianlah salah satu interpretasi bentuk cinta Allah kepada umat-Nya menurut Cak Nun, sapaan karib Emha Ainun Nadjib. Dalam bukunya Tuhan pun “Berpuasa”, cinta-Nya kepada umat manusia itu  ditunjukkan dalam kegiatan “berpuasa”.

Dengan tidak bermaksud untuk menyerupakan dengan makhluk-Nya, Cak Nun hanya ingin menekankan betapa Allah secara langsung memberikan teladan kepada kita, esensi dari berpuasa sebagai rukun Islam ke-3, yakni menahan dan mengendalikan diri.
Lebih lanjut, ia menjelaskan beberapa makna dari berpuasa-Nya. Pertama, sikap Allah menunjukkan rasa cinta dan romantisme bukan kekuasaan atau hukum. Ini berarti Allah  tidak mengambil laba dari puasa manusia, melainkan Allah menekankan betapa menguntungkannya ibadah puasa bagi diri manusia itu sendiri.
Kedua, dengan ‘berpuasa’,  Allah menunjukkan bahwa Islam merupakan agama pembebasan atau penyelamatan. Puasa menjadi metode yang paling praktis, tapi mendasar bagi proses pembebasan dan penyelamatan manusia atas dirinya sendiri
Ketiga, Allah juga menunjukkan kepada manusia bahwa puasa merupakan sebuah kegiatan mengendalikan dan menahan diri dari segala hawa nafsu. Itu merupakan prinsip dasar untuk menjalankan hidup.
Allah sendiri “berpuasa”. kalau tidak, kita sudah dilenyapkan oleh-Nya hari ini, karena sangat banyak alasan rasional untuk itu.” (Emha Ainun Nadjib: 52)
Yang Berminat  Pemesanan bisa sms
Cp : 08122779457 / 081804281351, Pin BB 7D7467BB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar