Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Rabu, 09 Maret 2016

Perdagangan dan Masyarakat Indonesia

Perdagangan dan Masyarakat Indonesia
Judul : Perdagangan dan Masyarakat Indonesia
Penulis : J.C VAN LEUR
Penerbit : Ombak
Isbn : 602 256 341 7
Harga : Rp. 150.000,-
Yang Berminat Pemesanan bisa sms ke Cp : 081804281351 / 085713733627, / 08122779457, Pin BB 52899683 / WA 088802811233
Deskripsi :
”Sebuah karya klasik yang masih sulit tertandingi oleh penulis modern dalam hal metodologi dan perspektif teoretik. Kaya data dan menginspirasi penulis generasi kemudian dalam menganalisis masyarakat dan sejarah Indonesia.
Indonesia tak harus dilihat dalam kacamata Eropa, tetapi Indonesia dalam konstelasi Asia dan peran kemaritimannya.” (Prof. Dr. Mestika Zed, Guru Besar Sejarah Universitas Negeri Padang)  “Saya senang akhirnya buku penting van Leur ini terbit dalam edisi Indonesia. Situasi dan dinamik maju mundur perekonomian kita saat ini akan bisa dipahami dengan lebih baik lewat refleksi buku yang kritis penuh inspiratif ini.” (Dr. Phil. Ichwan Azhari, dosen sejarah Universitas Negeri Medan) “Seperti karya penting lainnya, buku van Leur mungkin tak terlalu bergaung saat penulisnya masih hidup. Tapi sejak 1950-an, buku ini merubah sama sekali penulisan sejarah Asia Tenggara pada umumnya dan sejarah lokal khususnya. Sungguh buku ini adalah salah satu bacaan wajib sejarawan.” (Dias Pradadimara, M.A., dosen Sejarah FIB Universitas Hasanuddin)  “Buku karya J. C. van Leur yang diterbitkan pertama kali tahun 1940 ini merupakan salah satu ‘masterpiece’ klasik terpenting yang pernah ditulis sejarawan Belanda tentang sejarah modern Indonesia. Berbeda dengan penulis kolonial sezamannya, van Leur percaya bahwa sejarah Nusantara adalah otonom, memiliki dinamika sendiri, dan bukan semata kepanjangan dari aktivitas bangsa Eropa atau bangsa ‘besar Asia’ lainnya. Van Leur merupakan pelopor penggunaan sudut pandang ‘Indonesiasentris’ dengan menjadikan masyarakat Indonesia sebagai fokus kajiannya ketimbang aktivitas orang-orang Eropa; sebuah pendekatan yang dalam beberapa dekade kemudian dikembangkan oleh sejarawan Indonesia. Selain itu, van Leur juga memperkenalkan penggunaan metodologi baru yang diturunkan dari tradisi sosiologi Weberian, yaitu menggunakan interpretasi sosiologis untuk memahami perkembangan dan perubahan ekonomi. Oleh karena itu, buku ini sangat penting untuk dibaca oleh siapapun yang ingin mendalami sejarah perkembangan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.” (Dr. Abdul Wahid, dosen Sejarah FIB Universitas Gadjah Mada)
 “Karya van Leur ini mendobrak tradisi penulisan sejarah Nusantara yang sebelumnya Eropasentris dalam sejarah Indonesia. Berkat karyanya ini, penulisan sejarah berubah dengan lebih menghadirkan sudut pandang dan perkembangan masyarakat di Nusantara. Karena itu buku ini merupakan bacaan wajib bagi siapa saja yang berminat dengan sejarah Indonesia.” (Dr. Yerry Wirawan, dosen sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar