Konfrimasi Pelayanan Terbaru +62 877-4787-7491

Sabtu, 11 Oktober 2014

Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia

Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia
Judul: Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia
Penulis: Henk Schulte Nordholt
Penerbit: Obor
Tahun: 2013
Halaman: xiv+446 halaman
Ukuran: 16 x 24
Harga:  Rp. 95.000,-
Sinopsis:
Menulis sejarah, terutama sejarah nasional, bukan sekadar kegiatan intelektual atau akademis, tetapi juga kegiatan yang bermakna politis. Hal ini karena sejarah dianggap sebagai dasar kesadaran bangsa yang fungsinya untuk memperkokoh identitas nasional atau kolektif.
Buku ‘Perspektif Baru Penulisan Sejarah’ berusaha untuk mengangkat historiografi yang reflektif tidak saja untuk menguji secara kritis metodologi sejarah, tetapi juga menguji dan merumuskan kembali berbagai klaim kebenaran dan melihat bagaimana hal ini merupakan hasil dinamika sejarah. Melalui berbagai tema yang selama ini sering dianggap umum diketahui maupun berdasarkan berbagai bentuk sumber sejarah yang sebelumnya jarang digunakan, kumpulan tulisan ini berusaha memberi sumbangan lain untuk penulisan dan pemahaman sejarah Indonesia.
Tema-tema seperti peran sejarawan dalam penulisan sejarah, periode-periode sejarah yang sering dilupakan, penulisan sejarah lokal, pemahaman kembali  arti peristiwa sejarah tertentu maupun kelompok-kelompok yang terlupakan mendapat sorotan besar dalam buku ini. Tak kurang penting adalah perhatian terhadap sumber yang jarang digunakan seperti film, foto, sejarah, lisan, karya sastra, maupun lukisan untuk membuat narasi sejarah yang lain.
Tags: Henk Schulte Nordholt, Obor, Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia
Selamat Membaca ..
Cp : 08122779457 / 08180481351

Tidak ada komentar:

Posting Komentar